6 Nov 2012

10 tim sepakbola terbaik di dunia

0 komentar
 
Liga-liga sepakbola terbaik dunia yang rata-rata berada di Eropa semuanya telah bergulir. Jelang fase grup Liga Champions yang dimulai pekan depan, ada baiknya menyimak perimbangan kekuatan di benua biru itu.

Bleacher Report merilis daftar 10 tim terbaik sesuai perkembangan mutakhir di Liga Inggris (Premier League), Liga Italia (Serie A), Liga Spanyol (La Liga), Liga Jerman (Bundesliga) serta Liga Prancis (Ligue1). Berikut 10 tim terbaik Eropa atau dunia :

10. VFL Wolfsburg
http://www.oleole.com/media/main/images/blogs/images/group2/subgrp31/blogimg_5123_106014-20090509132009631184.png

VfL Wolfsburg adalah klub sepak bola Jerman yang berbasis di kota Wolfsburg. Pada awalnya klub ini tumbuh dari sebuah klub multi-olahraga bagi para pekerja Volkswagen dan merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Grup Volkswagen.

Pada musim kompetisi 2008-09 untuk pertama kalinya Wolfsburg menjadi juara di Bundesliga.



9. Olympique Lyon
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisxx_tdo0z-f5D4A8ZAjSaVqCdpDtOo2rr18VRbJkp5k9fpca4jeuuyqjcvC5yEz46VEJvCxZFwMZT_nhG-pqDnEea9AmCi0U54g1swSGx9vOTOGdhwGsMkMWlDF9Ne5OIS2uTuCflsoBL/s400/0+olympique+lyon+lyonnais+logo+escudo+brand+marque.jpg
Olympique Lyonnais adalah sebuah klub sepak bola Perancis yang bermarkas di Lyon, Perancis. Klub ini bermain di Ligue 1. Didirikan pada tahun 1899 di kota Chauses yang masuk kedalam wilayah Lyon, departemen Rhone. Olympique Lyonnais saat ini berkedudukan dikota Lyon, Prancis selatan. Olympique Lyonnais merupakan salah satu klub tertua dan tersukses di Perancis.

8. Liverpool
http://anemptyfeeling.files.wordpress.com/2009/03/liverpool-fc-crest.jpg

Liverpool Football Club (dikenal pula sebagai Liverpool atau The Reds) adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Kota Liverpool. Saat ini Liverpool adalah peserta Liga Utama Inggris.

Liverpool telah memenangkan 5 trofi Liga Champions UEFA (dulu Piala Champions) dan merupakan klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Inggris
dan ketiga di Eropa setelah Real Madrid dan AC Milan. Selain itu Liverpool juga pemegang masing-masing 3 gelar juara Liga Eropa UEFA dan Piala Super UEFA.

Di kompetisi domestik, Liverpool adalah klub dengan 18 gelar juara Liga Inggris, 7 Piala FA, serta 7 kali juara Piala Liga.

Liverpool didirikan pada tahun 1892 dan bergabung dengan Football League pada tahun berikutnya. Klub ini telah bermain di Stadion Anfield sejak pembentukannya yang terletak sekitar 4,8 km dari pusat kota Liverpool.


7. Juventus
http://www.funbumperstickers.com/images/Juventus2.gif

Juventus disebut sebagai Juventus dan popular dengan nama Juve, merupakan sebuah klub sepak bola profesional asal Italia yang berbasis di kota Turin, Piedmont, Italia. Klub ini didirikan pada 1897 dan telah mengarungi beragam sejarah manis, dengan pengecualian kejadian musim 2006-2007, di Liga Italia Seri-A. Klub ini sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari FIAT Group, yang saat ini dimiliki oleh keluarga Agnelli, dan membawahi perusahaan-perusahaan lain seperti Fiat Automobile, tim F1 Scuderia Ferrari, Ferrari Corse, dan Maserati Automobile.

6. Inter Milan
http://www.sportsbettingreview.co.uk/images/inter-milan.gif

Inter Milan adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Italia yang bermain di Seri A Liga Italia. Inter Milan mempunyai julukan sebagai il Nerazurri (si biru hitam), il Biscone (si ular besar), dan juga La Beneamata (yang tersayang). Klub bermain di Seri A (divisi pertama) sejak tahun 1908, dan pendukung Internazionale disebut Interisti. Tahun 2010 adalah pencapaian terbaik kedua bagi Inter sepanjang sejarah sejak berdiri. Meraih lima gelar sekaligus (Serie A, Coppa Italia, UEFA Champions League, Supercoppa Italiana, dan FIFA Club World Cup). Inter bermain di stadion Giuseppe Meazza dan berlatih di Angelo Moratti Sports Center (dikenal juga sebagai La Pinetina) sebuah fasilitas latihan di Appiano Gentile.

5. Arsenal
http://www.topnews.in/files/Arsenal.jpg

Arsenal didirikan di daerah Woolwich, bagian tenggara kota London pada 1886 dengan nama Dial Square, lalu dengan cepat berganti nama menjadi Royal Arsenal. Tahun 1891 nama mereka diganti menjadi Woolwich Arsenal. Pada tahun 1913, klub ini pindah ke wilayah utara, tepatnya di daerah Highbury dan membangun Stadion Highbury, yang menjadi markas baru mereka.

Saat pindah lokasi itulah, nama depan klub mereka, yaitu Woolwich dihapus sehingga hanya nama Arsenal yang tersisa. Selain itu karena lokasi stadion Arsenal dekat dengan markas Tottenham Hotspur, maka tak heran jika pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur disebut "North London derby" dan merupakan salah satu derby terpanas di London.

4. Real Madrid

Real Madrid adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di kota Madrid, Spanyol. Didirikan pada 6 Maret 1902 dengan nama Madrid Club de Fútbol, tim ini menggunakan gelar Real ("dari kerajaan") setelah Raja Alfonso XIII dari Spanyol memberikan izin resmi kepada klub tersebut pada Juni 1920. Real Madrid telah bermain di Divisi Utama Liga Spanyol (Primera División) yang disebut sebagai La Liga sejak awal kompetisi ini dimulai, tahun 1928, dan merupakan klub tersukses di Spanyol berdasarkan jumlah trofi juara yang telah mereka raih. 

Bersama FC Barcelona dan Athletic Bilbao, klub ini menjadi salah satu klub yang belum pernah terdegradasi ke divisi bawah. Klub ini juga merupakan salah satu klub terbaik abad ke-20 menurut FIFA.

3. Manchester United
http://wisatajiwa.files.wordpress.com/2009/07/manchester_united_logo.jpg


Dibentuk sebagai Newton Heath L&YR F.C pada 1878 sebagai tim sepak bola depot Perusahaan Kereta Api Lancashire dan Yorkshire Railway di Newton Heath, namanya berganti menjadi Manchester United pada 1902.

Meski sejak dulu telah termasuk salah satu tim terkuat di Inggris, barulah sejak 1993 Manchester United meraih dominasi yang besar di kejuaraan domestik di bawah arahan Sir Alex Ferguson - dominasi dengan skala yang tidak terlihat sejak berakhirnya era Liverpool F.C. pada pertengahan 1970-an dan awal 1980-an. Sejak bergulirnya era Premiership pada tahun 1992, Manchester United adalah tim yang paling sukses dengan dua belas kali merebut trofi juara.

Meskipun sukses di kompetisi domestik, kesuksesan tersebut masih sulit diulangi di kejuaraan Eropa; mereka hanya pernah meraih juara di Liga Champions tiga kali sepanjang sejarahnya (1968, 1999, 2008).


2. Chelsea
http://3nspeaks.files.wordpress.com/2008/08/chelsea.jpg

Chelsea adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di Fulham, London. Chelsea didirikan pada tahun 1905 dan kini berkompetisi di Liga Utama Inggris. Sepanjang sejarah penampilan dalam dunia sepak bola di Inggris dan Eropa, klub ini telah meraih empat gelar juara Liga Utama Inggris, tujuh Piala FA, empat Piala Liga, satu trofi Liga Champions UEFA, dua Piala Winners UEFA, dan satu Piala Super UEFA. Stadion kandang mereka Stamford Bridge, berkapasitas 41.837 kursi penonton, telah digunakan sebagai stadion kandang sejak Chelsea didirikan. Sejak tahun 2003, Chelsea dimiliki oleh Roman Abramovich seorang miliuner asal Rusia.


1. Barcelona
http://www.austinchronicle.com/binary/e58c00d8/fc_barcelona_logo.gif


Barcelona juga dikenal sebagai Barça, adalah sebuah klub olahraga di Barcelona, Katalonia, Spanyol yang mempunyai klub-klub dalam beberapa cabang olahraga, namun yang paling terkenal adalah sepak bola.

Didirikan pada 1899 oleh 12 pemain sepak bola berasal dari Swiss, Inggris, dan Spanyol dibawah pimpinan Joan Gamper. FC Barcelona memiliki motto "Barca bukan hanya sekedar klub" (El Barça, és més que un club) serta memiliki himne yang berjudul "El Cant del Barca" yang diciptakan oleh Jaume Picas and Josep Maria Espinàs. Tidak seperti klub sepak bola pada umumnya, FC Barcelona benar-benar milik dan dioperasikan oleh para suporternya. Stadion utamanya berada di Camp Nou, Barcelona.

Leave a Reply