1 Okt 2012

20 Keunikan Sepak Bola Indonesia

0 komentar
 
Olahraga yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia ini memang banyak keunikannya, terutama Sepak Bola yang ada di Indonesia. Untuk itu kami Kabar Sepak Bola mempersembahkan daftar 20 Keunikan Sepak Bola Indonesia. Berikut ini adalah daftar 20 Keunikan Sepak Bola Indonesia:

1. Hampir semua nama klub sepak bola yang ada di Indonesia diawali dengan huruf P, seperti Persija, Persela, Persik, dan lainnya.

2. Dari semua Negara, hanya Indonesia saja yang pemdanya membiayai klub sepak bola. Dan uangnya diperoleh dari rakyat.

3. Dan juga Cuma di Indonesia, Walikota/Bupati/Gubernur yang menjadi ketua klub.
 
4. Banyak pejabat yang terkena kasus Korupsi karena salah mengelola keuangan klub yang dicampur adukan dengan Anggaran pendapatan dan belanja daerah.

5. Jumlah penonton yang membayar dan yang tidak membayar Cuma berbanding 50-50.

6. Dan para penonton juga sering melihat pertandingan di bawah pohon tinggi, ketika musim hujan.

7. Meski telah diperiksa petugas sebelum masuk, masih banyak penonton membunyikan peluit di tengah atau akhir pertandingan. Tidak diketahui dimana mereka menyembunyikan benda terlarang tersebut, kemungkinan di daerah “terlarang” yang bebas razia.

8. Menonton kompetisi liga super Indonesia seperti menonton liga eks-patriat di negeri sendiri, jumlah pemain asing yang dimainkan hampir lebih banyak dari pemain lokal. Sayangnya, kualitas pemain asing rata-rata tidak lebih baik dari pemain lokal. Umumnya mereka lebih besar, tinggi dan garang di lapangan.

9. Para penonton Indonesia juga terkenal dengan fanatiknya, buktinya banyak penonton yang mebela-bela agar bisa menonton pertandingan secara gratis dengan memanjat menara lampu stadion.

10. Kebanyakan pemain memiliki kemampuan beladiri, karena sering kali terjadi kerusuhan.

11. Banyak juga bus yang mengangkut pemain sering dilempari oleh para supporter lawan.

12. Ketika hujan turun lapangan selalu tergenang oleh air.

13. Dan ada satu lagi keunikannya dan layak masuk dalam daftar 20 Keunikan Sepak Bola Indonesia. Yakni ketua umumnya mampu memimpin organisasi PSSI, meski masuk penjara.

14. Tak usah takut dengan skorsing yang dijatuhkan oleh komisi disiplin, karena nantinya pasti akan diampuni oleh ketua umum.

15. Jarak laga tandang yang harus dilakoni sebuah klub di Indonesia bisa jadi yang terjauh. Bayangkan jika klub asal Aceh harus terbang ke Papua atau sebaliknya.

16. Para penjaga juga sangat berbeda dengan yang ada di luar. Di Indonesia para petugas keamanan malah menghadap ke lapangan, bukan ke arah penonton. Bahkan juga sering terlihat para petugas ikut bersorak memberikan dukungan kepada tim tuan rumah.

17. Cuma di Indonesia, polisi turun tangan melerai dan menangkap dua pemain yang bertikai di lapangan. Bahkan sempat memenjarakannya. Hal ini merupakan salah satu daftar dari 20 Keunikan Sepak Bola Indonesia.

18. Ketika kerusuhan terjadi para pemain, official, dan penonton. Wasit pun juga ikut-ikut.

19. Lapangan juga sering dijadikan sebagai tempat sampah oleh para penonton, meski sudah disediakan tempat sampah sendiri.

20. Jika sebelum pertandingan lapangan disterilkan, seringkali akan ditemukan banyak benda berbau klenik di seputaran gawang. Itulah salah satu 20 Keunikan Sepak Bola Indonesia ini.

Leave a Reply