10 Jan 2013

Senegal Tunjuk Legenda Prancis Jadi Pelatih Timnas

0 komentar
 

Pemain legendaris Prancis, Alain Giresse dipercaya untuk menangani tim nasional Senegal. Giresse menyisihkan empat pelatih lain, salah satunya mantan manajer Inggris, Sven-Goran Eriksson untuk mendapatkan posisi itu.

Mantan bintang Bordeaux dan Marseille berusia 60 tahun ini menandatangani kontrak selama 2 tahun. Selain Eriksson, pelatih yang disisihkan Giresse yakni pelatih lokal Aliou Cisse, Jacques Santini (Prancis) dan Volker Finke (Jerman).

"Giresse adalah pelatih yang memenuhi kriteria Federasi Sepakbola Senegal (FSF)," kata Presiden FSF, Augustin Senghor kepada APS. "Ia telah membuktikannya lewat rekam jejak selama melatih di Afrika."

Giresse menggantikan pelatih sebelumnya, Joseph Koto. Pelatih lokal Senegal ini baru saja dikontrak sejak Juni, tapi dipecat pada Oktober 2012. Ia dipecat karena The Lions gagal lolos ke Piala Afrika 2013.

Saat masih bermain, Giresse pernah membawa Prancis memenangi Euro 1984. Ia juga mengantarkan Les Bleus menjadi semifinalis Piala Dunia 1982 dan 1986. Di masa jayanya, Giresse bersama Michel Platini, Luis Fernandez dan Jean Tigana membentuk kuartet legendaris lini tengah Prancis berjuluk "Carre Magique" alias segi empat ajaib.

Giresse pernah melatih Toulouse, Paris Saint-Germain dan klub Maroko, FAR Rabat. Deretan timnas yang pernah ditukanginya yakni Georgia, Gabon dan Mali.

Sebelumnya, Giresse juga ditaksir timnas Libya. Ia pernah bernegosiasi dan terbang ke Tripoli, Desember 2012. Saat itu, ia ditawari kontrak hanya setahun.



sumber

Leave a Reply