8 Jan 2013

FootDoubleBall Adalah Sepakbola Menggunakan 2 Bola

0 komentar
 


Olahraga ini ditemukan oleh pelajar Ukrania, yang berpikir kalau aturan sepakbola biasa tidak menarik. Olahraga Footdoubleball ini dimainkan dengan cara memainkan sepakbola pada umumnya, hanya saja dengan dua bola dan dimainkan secara bersamaan.
Footdoubleball bukan merupakan olahraga yang benar-benar baru, karena sudah pernah dimainkan pada tahun 2007. Olahraga ini dianggap baru hanya di negara-negara Eropa bagian Barat, terutama wilayah Amerika Utara, karena disana sepakbola biasa tidak sepopuler di bagian dunia lainnya.
Aturan Footdoubleball sama dengan aturan sepakbola biasa, namun ada beberapa perubahan dan tambahan aturan supaya olahraga ini lebih “dinamis dan dramatis.” Yang paling mencolok adalah sepakbola ini dimainkan dengan dua bola dengan warna yang berbeda dalam waktu bersamaan. Di awal pertandingan, kedua tim diberikan bola dan kiper masing-masing tim memulainya dengan menendang bola di wilayah pinalti kedua kiper tersebut. Di sinilah permainannya menjadi membingungkan, karena tim berusaha untuk menyerang dan bertahan secara bersamaan. Jika bola berhasil direbut lawan, maka kiper pun akan dibuat kewalahan saat akan diserang dengan dua bola.
Footdoubleball dipimpin oleh seorang wasit, asisten wasit, dua hakim garis dan wasit cadangan. Wasit utama memperhatikan satu bola saja dan hanya boleh memberhentikan pertandingan jika ada yang cedera. Sedangkan asisten wasit memperhatikan bola yang satu lagi dan harus menggunakan suara peluit yang berbeda dengan wasit utama agar tidak membingungkan pemain. Untuk hakim garisnya diharuskan memakai bendera berwarna sama dengan bola yang digunakan saat itu, untuk memudahkan jika terjadi pelanggaran.

Di olahraga ini tidak ada istilah “off-side.” Jika salah satu tim berhasil mencetak gol dengan satu bola, maka bola tersebut tidak boleh digunakan hingga bola lainnya keluar lapangan atau tim lain juga berhasil mencetak gol. Jika kedua tim mencetak gol dengan satu bola, maka kiper akan menendang bola tersebut dari wilayah pinalti. Namun jika salah satu tim mencetak gol dengan dua bola, maka bola akan dilempar dari luar lapangan oleh tim yang kebobolan.
Menurut pemain Ukrania, Footdoubleball ini lebih menarik dibandingkan sepakbola biasa, karena dengan adanya dua bola itu membutuhkan kerjasama yang baik. Selain itu footdoubleball juga lebih cepat dibandingkan sepakbola biasa serta memiliki banyak kesempatan untuk mencetak gol. Tidak jarang olahraga ini memiliki skor akhir seperti 15-8 atau 20-11, berbeda dengan sepakbola biasa yang biasanya memiliki skor akhir 0-0 atau 2-1. Jadi tiap pemain juga memiliki kesempatan untuk menghasilkan gol.
Yang paling aneh adalah wasit pertandingan ini berkata kalau mengatur pertandingan ini lebih mudah daripada mengatur pertandingan sepakbola biasa. Hal ini dikarenakan para pemainnya hampir tidak pernah memprotes aturan mainnya dan juga memiliki bola kedua untuk dimainkan.

sumber

Leave a Reply